Senin, 10 Desember 2018

GEOSITE SIPINSUR, PESONA KALDERA TOBA DI SUMATERA UTARA


GEOSITE SIPINSUR,KALDERA TOBA DI SUMATERA UTARA 

Geosite Sipinsur yang terletak di kecamatan Paranginan, Kabubaten Humbang Hasundutan, provinsi Sumatera Utara, merupakan salah satu tempat wisata dataran tinggi, untuk menikmati keindahan danau toba dari ketinggian. 

melihat keindahan Danau Toba 
dari ketinggian 1.213 di atas pemukaan laut

Dan ternyata Geosite Sipinsur ini tidak hanya di kunjungi oleh wisatawan domestik, tapi menjadi incaran para wisatawan mancanegara juga untuk menjadi salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi jika berada di sumatera utara.

Geosite Sipinsur

Geosite Sipinsur tidak hanya memiliki keindahan danau toba dari ketinggian, tetapi hutan pinus yang berada di lokasi Geosite Sipinsur menjadikan keindahan yang sempurna untuk memanjakan mata berada disana. Dan serunya lagi, hutan pinus di kawasan Geosite Sipinsur bisa di jadikan camp ground.


Hutan Pinus di Geosite Sipinsur

Akses untuk menuju Geosite Sipinsur sendiri sangatlah mudah, jarak yang tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Silangit di Siborong borong Tapanuli Utara, serta akses jalanan yang sangat baik untuk di lalui.

Nampak sangat jelas Kaldera Toba menyuguhkan panorama yang indah terlihat langsung dari Geosite Sipinsur, warna air danau yang biru di perairan Danau Toba seakan tidak pernah berujung jika di lihat. Karena semua begitu luas dan indah.

Tugu lokasi Geosite Sipinsur

Geosite Sipinsur sendiri merupakan salah satu wisata utama di pegunungan Humbang, yang memiliki luasanya sekitar 2 hektar, dan berada di ketinggian 1.213 di atas permukaan laut.

Jika melihat kaldera toba langsung dari Geosite Sipinsur, maka mata akan di manjakan langsung oleh keindahan pulau samosir yang terlihat tepat di hadapan kita, dan  kita langsung berhadapan dengan pulau kecil yang kedua di tengah  Danau Toba, namanya Pulau Sibandang.

Keindahan Danau Toba

Ternyata kita juga bisa mengunjungi pulau tersebut hanya dengan waktu 15-20 menit perjalanan melalui pelabuan muara dan untuk menuju ke palubuhan tersebut, kita bisa habiskan waktu sekitar 30 menit dengan menuruni bukit dari atas Geosite Sipinsur, dengan akses jalan yang berkelok dengan melewati rumah-rumah adat dan tugu-tugu khas batak selama perjalanan tersebut.

Sumatera utara menyimpan semua kenangan cerita dan perjalan selama saya disana, mengenal lebih jauh keindahan Danau Toba, keramah tamahan penduduk lokal, kuliner yang berbeda dengan makanan khas daerah lain dan tentang budaya dan adat batak yang kental di daerah ini.

Beberapa teman saya yang mengabadikan
keindahan Danau Toba

Pesona Danau Toba, Pesona Indonesia yang menyimpan sejuta keindahan di Sumatera Utara dengan Kaldera Danau Toba yang menjadi Geopark mendunia.

GenPi Sumut X GenPi Jabar


1 komentar:

- KULINER PESONA MUDIK 2019, PESONA INDONESIA -

PESONA INDONESIA Bali adalah salah satu kota di indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa cantiknya, terutama keindahan bahari...