Sabtu, 15 Desember 2018

MUSEUM T.B.SILALAHI CENTER, JEJAK LANGKAH SEORANG JENDRAL



Museum T.B. Silalahi Center











MUSEUM T.B SILALAHI CENTER

Museum tersebut adalah museum milik pribadi atau bisa di sebut juga jejak langkah dari T.B. Silalahi, yang bertempat di Desa Silalahi, kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Museum tersebut menjadi salah satu wisata yang wajib di kunjungi jika berkunjung ke sumatera utara. Karena museum tersebut menjadi salah satu wisata edukasi tepatnya lebih mengenal sosok T.B. Silalahi dan tentang kebudayaan dan adat batak.



Museum T.B. Silalahi Center


Museum T.B. Silalahi Center sendiri di dirikan langsung oleh Letjen TNI (Purn) Dr.Tiopan Bernhard Silalahi, Museum itu merupakan sebuah yayasan Nirlaba yang bertujuan untuk melestarikan budaya batak dan membentuk karakter masyarakat batak dan tujuan utama berdirinya museum tersebut adalah sebagai wadah untuk motivasi generasi muda dalam meraih cita-cita dengan melihat peninggalan TB.Silalahi, yang memiliki kisah perjalanan hidup sejak kecil menjadi anak pengembala  kerbau hingga akhirnya menjadi seorang Jendral.


Peninggalan T.B.Silalahi

Museum ini adalah merupakan sebuah jejak langkah dan perjalanan sejarah dari seorang Letjen TNI (Purn). Dr. (HC) Tiopan Bernhard Silalahi (lahir di Pematang siantar, 17 April 1938.



Letjen TNI (Purn). Dr. (HC) Tiopan Bernhard Silalahi 


Yang berisikan koleksi-koleksi peninggalan pribadi beliau, yang berupa Piagam penghargaan, pakaian dinas, kendaraan pribadi dan dinas, jenis senjata yang pernah di gunakan, dan kenangan-kenangan beliau yang di berikan dari negara-negara lain.



salah satu penghargaan kepada 
T.B. Silalahi



Bangku sekolah dasar T.B. Silalahi



Motor tua dan sepeda ontel milik pribadi 
T.B. Silalahi



Mobil dinas milik T.B. Silalahi



Mobil dinas milik T.B. Silalahi



Sepeda motor milik pribadi
T.B. Silalahi




Di dalam Museum T.B.Silalahi Center sangat dengan jelas menceritakan lebih dalam perjalanan T.B.Silalahi  dalam meraih sebuah cita-cita, selain itu ada keuinikan di dalam museum ini, karena di dalam museum ini terdapat beberapa benda pribadi beliau seperti Bangku sekolah waktu di SD (Sekolah Dasar), pangkat-pangkat ketika di kementrian, seragam, mobil dinas yang digunakan saat beliau menjabat sebagai Menpan pada Kabinet Pembangunan VI dan masih banyak lagi.

T.B.Silalahi adalah pendiri dan anggota Dewan Pembina Yayasan Soposurung yang mendirikan dan mengelola sebuah sekolah unggulan di Balige, sumatera utara. Karena pada saat itu menurunnya mutu pendidikan di Bonapasogit, telah menggerakan hati seorang JendraL (Purn) T.B.Silalahi untuk turut serta bertanggung jawab , hingga akhirnya bersama teman-teman (Alumni SMA Soposurung) dengan mendirikan sebuah Yayasan Soposurung, yang merupakan sebuah asrama yang menampung siswa/siswi lulusan SMP yang terpilih melalui seleksi yang ketat untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMA, setiap tahun 40 orang putra dan putri terbaik Bonapasogit (sejak tahun 2008 menjadi 80 orang) di didik secara mental dan karakternya, di samping mengikuti pendidikan formal di sekolah (SMAN 2 Balige).


Prasasti dalam bahasa dan aksara Batak



Patung T.B. Silalahi



Patung Marmahan Horbon
(Mengkisahkan seorang T.B. Silalahi semasa kecil menjadi seorang anak pengembala kerbau)




Senjata berat yang di gunakan T.B. Silalahi



Taman di depan Museum T.B. Silalahi Center


Sumatera Utara memang tidak ada habisnya tentang tempat wisata
selain memiliki keldera Danau Toba yang menjadi incaran para wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke kota satu ini. ternyata tempat wisata satu ini memang memberikan inspirasi dan motivasi dalam meraih sebuah cita-cita di butuhkan semangat, ketekunan dan perjuangan yang besar untuk meraih cita-cita yang di mimpikan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- KULINER PESONA MUDIK 2019, PESONA INDONESIA -

PESONA INDONESIA Bali adalah salah satu kota di indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa cantiknya, terutama keindahan bahari...